Compound Statement

Compound statement adalah sekumpulan statement yang diapit dengan tanda kurung kurawal. Compound statement digunakan untuk mengelompokkan sekumpulan statement agar dapat digunakan sebagai satu bagian dalam perulangan, percabangan atau function. Compound statement menggunakan tanda kurung kurawal untuk mengelompokkan sekumpulan statement di dalamnya. Untuk lebih jelasnya coba perhatikan hasil dari kode program berikut ini!
#include <stdio.h>

int main(){
int i=0;
    for(int i=0;i<5;i++)
    printf("_");
    printf("*\n");
    return 0;
}
Pada contoh di atas, statement yang merupakan bagian dari perulangan hanya "printf" pertama setelah for karena perulangan hanya akan mengulang satu statement pertama jika tidak ada compound statement setelahnya. Untuk menjadikan contoh kedua sebagai bagian dari perulangan, kita perlu mengelompokkannya ke dalam compound statement dengan menggunakan tanda kurung kurawal seperti di bawah ini.
#include <stdio.h>

int main(){
int i=0;
    for(int i=0;i<5;i++){
        printf("_");
        printf("*\n");
    } 
    return 0;
} 
Coba lihat perbedaan hasilnya setelah kita menambahkan kurung kurawal!
Kalau kalian perhatikan, pada contoh pertama yang tidak menggunakan compound statement, statement yang diulang hanya statement untuk menampilkan "_", sedangkan statement untuk menampilkan "*"  baru dikerjakan setelah perulangan selesai. Pada kode program yang menggunakan compound statement, semua statement di antara tanda kurung kurawal diulang.