Dropdown Menu tanpa Script

Dropdown menu adalah menu yang terlihat saat bagian tertentu halaman diklik atau dilewati. Dropdown menu bisa dihilangkan kembali saat tidak diperlukan. Kalian bisa membuat dropdown menu dengan CSS dan javascript. Kali ini, contoh yang akan saya berikan adalah dropdown menu dengan menggunakan CSS tanpa javascript.

<HTML>
<HEAD>
    <TITLE>Belajar HTML</TITLE>
    <style>
        .menu{
            position : relative;
            display : inline-block;
            color : magenta;
            background : purple;
        }

        .isi{
            position : absolute;
            display : none;
            color : blue;
            background : yellow;             min-width :160px;             min-height : 200px;             border : 4px blue double;         }         .menu:hover .isi{             display : block;         }         .isi a{             background : none;         }         .isi a:hover{             background : green;         }     </style> </HEAD> <BODY>     <div class="menu">         <span>menu</span>         <div class="isi">         <ul>             <li>                 <a href="./">isi pertama</a>             </li>             <li>                 <a href="./">isi kedua</a>             </li>         </ul>     </div>     </div> </BODY> </HTML>


Kode HTML di atas seharusnya menampilkan dropdown menu saat menu dilewati pointer mouse. Jika menu belum tampak, lewatkan pointer mouse di atas menu. Jika kalian menjauhkan pointer mouse dari menu, dropdown menu akan menghilang. Untuk touch screen, dropdown menu akan tampak saat tombol ditekan. Tekan sekali lagi di bagian lain halaman untuk menghilangkannya.