Mengenal Library dan Framework dalam PHP

Kali ini, kita akan membahas tentang perbedaan library dan Framework dalam PHP. Perbedaan library dan Framework sebenarnya sudah banyak dibahas di beberapa artikel yang kita bisa temukan di internet. Tapi, masalahnya, penjelasannya kadang cenderung ribet dan sulit dimengerti oleh orang awam. Di sini, saya akan coba menjelaskannya dengan lebih sederhana dan memberikan contoh library-library PHP yang bisa kita temukan dan download di internet. Beberapa di antara library tersebut gratis, dan beberapa yang lain mungkin tidak gratis alias harus bayar.

Library adalah script atau kode program yang berisi variabel, konstanta, tipe data, object dan function-function yang ditulis seseorang atau sekelompok orang sehingga orang lain bisa "menambahkannya" dalam script atau program yang mereka buat.

Dengan library, seseorang bisa mempersingkat script atau kode program mereka tanpa perlu membuat function atau algoritmanya sendiri. Mereka cukup menggunakan function-function atau mungkin object yang sudah terdapat di dalam library. Dengan library, kita bebas menentukan seperti apa susunan script atau kode program kita karena library memang hanya memberikan "jalan pintas" untuk mempermudah penulisan script atau kode program. Contoh library PHP yang bisa kita gunakan misalnya :

  1. FPDF,
  2. Snappy,
  3. Image Workshop,
  4. Goutte,
  5. Carbon,
  6. dll.

Framework adalah abstraksi atau konsep yang menawarkan kemudahan dalam pembuatan aplikasi atau program dengan script atau kode program. Abstraksi bisa disebut sebagai sesuatu yang setengah jadi dan menjadi dasar yang bisa dikembangkan. Framework umumnya sudah berisi sekumpulan library, template dan bahan dasar dari aplikasi yang memudahkan pembuatan program atau aplikasi yang akan kita buat.

Berbeda dengan library yang perlu kita panggil dan tempelkan dalam program, Framework PHP umumnya sudah seperti aplikasi setengah jadi yang cukup kita kembangkan dan tambahkan isinya. Framework PHP yang ada saat ini kebanyakan menggunakan konsep MVC(Model, View, Controller) yang membagi script berdasarkan kegunaannya. Contoh framework PHP yang bisa kita gunakan misalnya :

  1. Code Igniter,
  2. Laravel,
  3. Yii,
  4. Cake PHP,
  5. dll.