Hello World of Pascal

Pascal adalah bahasa pemrograman komputer yang dikembangkan oleh Niklaus Wirth (yang merupakan seorang dosen dan peneliti komputer) pada tahun 1968–1969 dan dipublikasikan pada tahun 1970. Sebelum membuat pascal, dia juga banyak mengembangkan bahasa pemrograman lain pada era 1960-an seperti euler dan algol w. nama pascal dipilih untuk menghormati blaise pascal, seorang ilmuwan matematis prancis yang pada tahun 1642 membuat kalkulator mekanis pertama di dunia.

Niklaus Wirth pada awalnya merancang bahasa pascal untuk mengajarkan pemrograman kepada mahasiswa di universitas eth zürich di Swiss. Pascal di desain menggunakan structured programming yang kemudian menjadi populer dan banyak digunakan oleh bahasa pemrograman setelahnya. seiiring perkembangan komputer, bahasa pascal juga digunakan untuk aplikasi komersil.

Sekarang kita mulai buat programnya dari yg paling sederhana yaitu hello word. untuk membuat program dengan pascal tentunya kita butuh compiler dan ide. salah satu compiler+ide yang bisa digunakan adalah free pascal. selain itu ada juga compiler lain seperti tpw, turbo pascal, lazarus, dll.

Kalau malas cari compiler kalian bisa menggunakan compiler online sepert "https://ideone.com/" atau "https://www.codechef.com/ide". kalian  bisa menggunakan compiler online untuk program yangg hanya menggunakan input dan output standar. untuk program berbasis windows atau yang menggunakan grafik, kalian tetap perlu ide dan compiler dalam bentuk software atau aplikasi di komputer kalian.

Jika ide dan compiler-nya sudah ada, kalian bisa mulai membuat programnya. Berikut ini adalah kode program untuk menampilkan Hello World :
program helloworld;
begin
    writeln('hello world');
    readln
end.


Kode program di atas akan menampilkan tulisan hello world jika dicompile dan programnya dijalankan. Program akan menunggu penekanan enter dari kalian karena ada readln. Jika kalian menekan enter, maka programnya akan dihentikan. Jika readlnnya dihapus, program akan segera berhenti setelah dijalankan.

Kalian bisa meng-compilenya dengan free pascal, IDE lainnya atau dengan menggunakan compiler online. Kalau kalian menggunakan terminal di ubuntu dan compilernya adalah free pascal, kalian bisa mengetik "fpc nama_kode_program.pas". "nama_kode_program.pas" bisa kalian ganti dengan nama file tempat menyimpan kode program kalian.

Readln pada program hello world bukanlah sesuatu yang wajib ada. Walaupun begitu, readln akan sangat berguna saat program dijalankan langsung tanpa membuka console (DOS) atau terminal terlebih dahulu.

Selain readln untuk menghentikan program hingga penekanan enter, kalian juga mungkin akan memerlukan clrscr untuk membersihkan tampilan terminal saat program baru dijalankan. Untuk menggunakan clrscr kalian juga perlu menggunakan "uses crt" sebelum begin.

program helloworld;
uses crt;
begin
    clrscr;
    writeln('hello world');
    readln
end.