Jenis dan Ukuran Huruf

Jenis dan ukuran huruf standar bisa ditentukan dengan mengubah setting browser. Jenis dan ukuran tersebut akan berpengaruh jika halaman HTML tidak memberikan Style CSS seperti font-Family dan Font-Size. Jika kita memberikan properti yang mempengaruhi bentuk huruf pada teks dalam halaman HTML, maka ukuran dan jenis huruf tidak akan terpengaruh setting huruf yang ada di browser.

Font Family

Properti yang bisa kita gunakan untuk menentukan jenis huruf adalah font family. Font-family nilainya bisa diisi dengan jenis atau nama huruf. Ada 3 jenis kelompok font standar yang bisa digunakan dalam CSS. Berikut ini jenis font-font tersebut :
  1. Serif
  2. Sans-serif
  3. Monospace

Selain itu jenis font bisa berupa nama font seperti Times new roman, Arial, Verdana, dll. Tapi, jika font yg dimaksud tidak ada di komputer pengguna, bisa jadi tampilan tulisan hasil kode HTML akan berantakan.

Untuk contoh cara penggunaannya silakan lihat di bawah ini!!!

<HTML>
<HEAD>
    <TITLE>HTMLKu</TITLE>
</HEAD>
<BODY>
    <H2>Huruf</H2>
    <p style="font-family:Serif">
        Serif
    </p>
    <p style="font-family:Sans-serif">
        Sans-serif
    </p>
    <p style="font-family:Monospace">
        Monospace
    </p>
</BODY>
</HTML>


Font Size

Bentuk dan ukuran huruf bawaan browser bisa kita tentukan dengan pengaturan di browser yang kita gunakan. Tapi, itu hanya berpengaruh untuk browser yg kita gunakan. Untuk ukuran huruf, properti yg digunakan adalah font-size. Contoh :
<HTML>
<HEAD>
    <TITLE>HTMLku</TITLE>
    <style>
        p{              font-size: 32pt;         }     </style> </HEAD> <BODY>     <H2>Huruf</H2>     <p style="font-family:Serif">         Serif     </p>     <p style="font-family:Sans-serif">         Sans-serif     </p>     <p style="font-family:Monospace">         Monospace     </p> </BODY>
</HTML>

Nilai defaulf font-family dan font-size adalah initial. Jika kalian memberikan nilai initial, maka ukuran dan jenis huruf akan mengikuti pengaturan di browser.

Satuan Ukuran Font

Ukuran font pada contoh di atas menggunakan satuan pt. Selain pt, satuan lain untuk ukuran font yaitu :
  1. %
  2. px
  3. em
1em adalah ukuran standar font pada browser. Beberapa browser menggunakan ukuran 16px sebagai ukuran huruf bawaannya.

Kalau ada yang tidak sesuai hasilnya atau kalian malas mengetik, kalian bisa download file HTML-nya di sini.