Clipboard

Clipboard adalah penyimpanan khusus yang dikelola suatu sistem operasi untuk digunakan sebagai penyimpan teks sementara agar semua aplikasi yang berjalan dalam OS tersebut bisa mengaksesnya. Dengan document. execCommand kita bisa menggunakan beberapa fungsi clipboard dalam tag yang punya atribut contenteditable.

Fungsi cut dan copy bisa kita gunakan pada hampir semua browser yang mendukung HTML5. Untuk fungsi paste, mungkin masih ada browser yang belum mendukung fungsi tersebut. Kalau kalian mau memastikan apakah browser kalian sudah bisa menggunakan ketiga fungsi tersebut, coba kode HTML dengan script sederhana seperti di bawah ini!
<HTML>
<HEAD>
    <TITLE>Belajar HTML</TITLE>
</HEAD>
<BODY>
    <div style="width:100%;height:100px;border:1px solid red" contenteditable></div>
    <button onclick="document.execCommand('copy')">Copy</button>
    <button onclick="document.execCommand('cut')">Cut</button>
    <button onclick="document.execCommand('paste')">Paste</button>
</BODY>
</HTML>
Dalam contoh di atas kita meletakkan tiga button dengan atribut berupa event, yaitu onclick. Dalam event onclick, saya sudah meletakkan document.execCommand yang punya parameter sesuai dengan fungsi clipboard yang berbeda-beda. Saya sengaja tidak menggunakan script karena document.execCommand cukup pendek dan bisa diletakkan langsung dalam atribut onclick.

Btw, seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, fungsi paste belum tentu bisa digunakan. Tapi ,itu seharusnya tidak masalah karena kalian masih bisa pakai klik kanan atau "CTRL+V" untuk melakukan paste.

Untuk mengetes masing-masing tombol, coba ketik tulisan di dalam "kotak", dan kemudian klik tombol "cut". Setelah tulisannya hilang, kalian bisa menggunakan paste dengan klik kanan atau cara lainnya.
Selain menggunakan execCommand, kalian juga bisa menggunakan "API" untuk clipboard yang disediakan Javascript. API tersebut bisa kalian gunakan untuk membaca dan menulis isi clipboard menggunakan method Clipboard.write dan ClipBoard.read yang akan perlu "permission" khusus. Untuk saat ini, saya tidak akan membahasnya karena saya memang cuma membahas penggunaan clipboard secara sederhana saja.