String dalam PHP

Kali ini, kita akan membahas tentang cara menyimpan tulisan atau teks. Seperti dalam bahasa pemrograman lain, dalam PHP, serangkaian karakter atau huruf bisa kita simpan sebagai string. String dalam PHP bisa kita tuliskan dengan mengapitnya menggunakan tanda petik ganda("), maupun tanda petik tunggal('). Tidak seperti dalam bahasa C yang tidak bisa menggunakan tanda sama dengan untuk menyimpan string(=), PHP bisa menyimpan dan mengubah nilai string dengan tanda "=". Selain itu, kita bisa menggabungkan dua string atau lebih dengan titik(.). Untuk lebih jelasnya, langsung saja lihat script PHP berikut ini!

<?PHP
     $s="Ini adalah string";

     echo($s);
?>
<BR />
<?PHP
     $s=$s.' yang sudah digabungkan dengan tulisan lain';
     echo($s);
?>
Selain bisa digabungkan dengan sesama string menggunakan tanda titik(.), string juga bisa digabungkan dengan angka. Tapi, hati-hati saat menggabungkan string dengan pecahan desimal secara langsung. Angka sebaiknya disimpan terlebih dahulu dalam variabel sebelum digabungkan dengan string, terutama pecahan desimal yang menggunakan tanda titik.
 
<?PHP
     $s="Ini adalah string";
     $s=$s." yang sudah digabungkan dengan tulisan lain";
     echo($s);
     echo("<BR />");
     $angka=2;
     $s=$angka.". ".$s.'dan angka';
     echo($s);
?>


Satu hal lagi yang bisa kita lakukan dengan string adalah mengambil karakter di posisi tertentu. Sama seperti dalam bahasa C, dalam PHP string bisa dilihat dan diubah perkarakter berdasarkan indeks posisinya.

<?PHP
     $s="Itu adalah string";
     $s[1]="n";
     $s[2]="i";
     echo("Karakter pertama : ".$s[0]."<BR />");
     $n=2;
     echo("Karakter ke-".$n." : ".$s[$n-1]);   
?>


Kalau kalian pernah belajar bahasa C / C++, kalian akan menemukan ada beberapa function string dalam PHP yang namanya mirip dengan function yang pernah kalian gunakan dalam C++, misalnya strlen yang digunakan untuk mendapatkan panjang string.

<?PHP
    $s="Stringku";
    echo("String : ".$s."<BR />");
    if(strcmp(strtoupper($s), strtolower($s))>0)echo(strtoupper($s)." tidak sama dengan ".strtolower($s)."<BR />") ;
    echo("Panjang string : ".strlen($s));
?>
Function-function string lain yang bisa kita gunakan dalam PHP akan saya bahas lagi secara terpisah. Sampai di sini, semoga kalian paham. Jika ada yang tidak kalian pahami, tanyakan lewat komentar.