Hello World

"Hello World" adalah program pertama yang biasa dijadikan contoh bagi para programmer, terutama saat akan mempelajari sintaks dasar dari suatu bahasa pemrograman. Hello world berisi kode program yang digunakan untuk menampilkan output berupa tulisan "Hello, World!" ke Layar. Pada dasarnya, tulisan yang ditampilkan tidak harus berupa "Hello, World!". Hello World diawali dari contoh di buku "The C Programming Language" yang ditulis oleh Brian Kernighan dan Dennis Ritchie.

Sekalipun awalnya ditulis dalam bahasa C, sekarang Hello World banyak digunakan sebagai langkah awal seseorang untuk belajar bahasa pemrograman lainnya. Berikut ini adalah contoh Hello World dalam bahasa C.
#include <stdio.h>
int main(void){
    printf("Hello, World!\n");
    return 0; 
}

Dari kode program di atas, kalian bisa melihat bahwa printf adalah function yang digunakan untuk menampilkan output. Function printf harus diletakkan di dalam function main. Selain itu, kalian perlu menyertakan "#include <stdio.h>" di awal program supaya bisa menggunakan printf.

Tulisan yang akan ditampilkan printf harus diapit dengan tanda kutip ("). Kalian bisa mengganti "Hello world" dengan tulisan lainnya. "\n" dalam kode program di atas, kita gunakan untuk perpindahan baris.

Statement

Setiap bagian program yang diakhiri dengan tanda titik koma(;) dalam bahasa C disebut sebagai statement atau pernyataan. Sekumpulan statement bisa diapit dengan tanda kurung kurawal sehingga menjadi compound statements.

Compiler dan IDE

Untuk mengubah kode program tersebut menjadi sebuah program yang bisa dijalankan di windows atau linux kalian akan membutuhkan compiler. Untuk lebih praktisnya, kalian bisa menggunakan IDE Code::block yang sudah berisi compiler beberapa bahasa pemrograman seperti bahasa C, C++, dan Fortran.

Jika kalian menggunakan Ubuntu, kalian bisa juga mencompile file kalian menggunakan terminal dan mengetikkan "gcc nama_program.c". nama_program.c bisa kalian ganti dengan nama file tempat kalian menyimpan kode program.