Id, Class, dan Selector CSS

CSS berisi sekumpulan selektor yang masing-masing memiliki beberapa properti dengan nilainya masing-masing. Selector css bisa berupa nama tag, class, atau id. Penulisan masing-masing jenis selector tersebut dibedakan berdasarkan awalannya.
  1. Nama Tag : Selector untuk tag HTML ditulis sesuai nama tagnya tanpa tanda < dan >. Semua tag yang sama akan berubah sesuai dengan nilai dari masing-masing properti.
  2. Atribut Id : diawali dengan tanda hash / pagar (#). Nama Id sebaiknya unik. Kalian tidak seharusnya menggunakan nama Id yang sama dalam satu kode HTML.
  3. Atribut Class diawali dengan tanda titik (.). Satu file HTML bisa menggunakan beberapa class yang sama.
Penulisan selector selalu diawali dengan pola di atas, kecuali untuk universal selector (*). Contoh nama selector yang lain misalnya a[attribute], .nama_class:link, #nama_id::before, dll.
<HTML>
<HEAD>
    <TITLE>Belajar HTML</TITLE>
    <style>
        h2{
            color : green;
        }
        p{
            color : red;
        }
    </style>
</HEAD>
<BODY>
    <h2>Judul</h2>
    <p>paragraf 1</p>
    <p>paragraf 2</p>
</BODY>
</HTML>


CSS pada contoh kode HTML di atas hanya mengubah warna dari tag <h2> dengan menggunakan properti color. Selector yang menggunakan nama tag cukup ditulis sesuai nama tagnya sebelum tanda kurung kurawal. Properti dari selector perlu diapit dengan tanda kurung kurawal ( { .... } ).

Class dan Id

Penulisan nama selector berdasarkan nama tag disebut dengan "type selector". Selain berdasarkan nama tag, selector juga bisa menggunakan nama class dan id. 
<HTML>
<HEAD>
    <TITLE>Belajar HTML</TITLE>
    <style>
        #paragrafku{
            color : blue;
        }
        .paragrafku{
            color: red
        }
    </style>
</HEAD>
<BODY>
    <h2>Judul</h2>
    <p>paragraf 1</p>
    <p>paragraf 2</p>
    <p class= "paragrafku">paragraf 3</p>
    <p class= "paragrafku">paragraf 4</p>
    <p id = "paragrafku">paragraf 5</p>
</BODY>
</HTML>


Tag <p> ketiga dan keempat pada kode HTML di atas menggunakan nama class. Selector CSS-nya diawali dengan titik (.). Ini berbeda dengan paragraf kelima yang menggunakan Id. Selector untuk Id diawali dengan tanda pagar (#). Satu nama Id sebaiknya hanya digunakan satu tag.