Hello C++

C++ dikembangkan oleh Bjarne stroustrup pada tahun 1979. C++ merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan dari bahasa C. C++ menambahkan konsep OOP (object Oriented Programming) berdasarkan model yang sudah diperkenalkan oleh Simula.

Di luar konsep OOP, C++ memiliki syntax yang sama dengan bahasa C walaupun saat ini bahasa C sudah punya ISO-nya sendiri. Beberapa header dan library bahasa C juga bisa digunakan dalam kode program bahasa C++. Bagi kalian yang sudah mempelajari bahasa C, seharusnya kalian akan lebih mudah dalam mempelajari bahasa C++.

Sama seperti bahasa C, C++ juga mengharuskan keberadaan satu fungsi utama sebagai isi minimal dari program. Fungsi utama tersebut umumnya adalah fungsi "main". Isi fungsi main akan segera dieksekusi saat program mulai dijalankan. Fungsi utama dari bahasa C atau C++ tidak selalu menggunakan nama "main". Jika kalian menggunakan "windows.h", fungsi utamanya adalah "winmain". 

Hello World

Saat pertama kali belajar pemrograman, biasanya programmer akan mempelajari cara menampilkan output berupa kata-kata tertentu. Output yang sering digunakan adalah "Hello, World!". Pemilihan kata-kata tersebut terinspirasi dari buku pemrograman dengan bahasa C  yang ditulis oleh Brian Kernighan & Denies Ritchie. Contoh kode program Hello World dengan bahasa C++ bisa kalian lihat di bawah ini.

#include <iostream>

using namespace std;

int main(int argc, char *argv[]){
    cout << "Hello, world!";
    return 0;
}

Untuk mengubah kode di atas menjadi program, kalian perlu menyimpannya ke dalam file yang namanya diakhiri dengan "cpp" atau "cxx", misalnya "helo.cpp" atau "helo.cxx".

Untuk menjalankan program, kalian perlu menekan tombol run di IDE yang kalian gunakan. Jika tombol run belum bisa ditekan, kalian perlu menggunakan menu compile atau build. Kalau belum punya IDE atau compiler, download dulu atau coba baca apa yang saya tulis di bawah ini.

Selain kode program di atas, kode program Bahasa C untuk hello world juga bisa digunakan dalam bahasa C++.

Compiler

Untuk menjalankan program yang ditulis dengan bahasa C++, kalian perlu compiler dan linker. Compiler digunakan untuk mengubah kode program menjadi file yang isinya bisa dipahami oleh komputer. Biasanya, hasilnya berupa file Objek (*.o / *.obj). 

Kode program yang dipisah-pisah bisa terdiri dari beberapa objek. File-file tersebut bisa disatukan menjadi file executable dengan menggunakan linker. Biasanya linker akan otomatis dijalankan saat compiler digunakan. Sekalipun file objeknya cuma satu, kalian tetap akan perlu linker untuk memberikan "header" dengan informasi tertentu yang membuat program bisa dieksekusi secara langsung dalam OS tertentu.

Jika kalian menggunakan Ubuntu, kalian bisa juga mencompile file kalian menggunakan terminal dan mengetikkan "g++ nama_program.cpp". nama_program.cpp bisa kalian ganti dengan nama file tempat kalian menyimpan kode program.

IDE

Untuk mengetik kode program, kalian bisa menggunakan editor teks biasa seperti notepad, genie, dll. Tapi, ada baiknya jika kalian menggunakan IDE (Integrated development environment). IDE seharusnya sudah satu paket dengan text editor dan compilernya. Selain itu, kebutuhan lain untuk pemrograman biasanya juga disediakan oleh beberapa IDE. 

Kalian bisa menggunakan Visual C++, DevC++, Code::block, dan beberapa IDE lain jika kalian menggunakan windows atau linux. Sebaiknya, kalian tidak menggunakan IDE jadul seperti turbo C++ karena compilernya sudah tidak sesuai standar ISO yang sekarang.

Jika kalian tidak mempunyai PC atau laptop, kalian bisa menggunakan aplikasi di smartphone kalian. Selain itu, ada beberapa compiler online yang bisa kalian gunakan. Kalian bisa bisa menggunakan Cxxdroid, DroidCpp, atau Dcoder untuk coding dengan HP. DCoder dan beberapa compiler online hanya bisa digunakan untuk coding dengan library standar. Jika kalian ingin membuat program GUI, ada baiknya kalian pakai PC walaupun beberapa IDE di HP sudah bisa digunakan untuk membuat program GUI.

Untuk menjalankan program kalian bisa menggunakan tombol atau menu run yang tersedia di IDE. Tombol Run biasanya berbentuk tanda panah. Jika program belum bisa dijalankan gunakan compile atau build sebelum menekan tombol Run. Kalau kalian masih bingung, biasakan untuk membaca file help atau dokumentasi yang disediakan program atau aplikasinya jika ada.

Statement

Program utama bisa berisi sekumpulan statement. Statement pada fungsi utama diakhiri dengan tanda titik koma (;). Tidak semua bagian dari C++ diakhiri dengan titik koma. Beberapa bagian seperti inline comment dan preprocessor diakhiri dengan perpindahan baris.

Cout

Fungsi cout adalah fungsi yang digunakan untuk menampilkan output dalam bahasa C++. Program akan menampilkan argumen yang diapit tanda kutip dalam fungsi cout. Kalian bisa mengganti "Hello, world!" dengan kata lain jika kalian mau. Fungsi tersebut terdapat dalam header "iostream" yang harus kalian sertakan di awal program dengan menggunakan "#include". Jika ada kata lain selain apa yang sudah kalian tulis sebagai argumen dari cout, itu hanya tambahan yang diberikan IDE agar program tidak langsung berhenti.

Kalian tidak hanya bisa menggunakan satu cout. Kalau kalian mau mencoba, kalian bisa menggunakan beberapa cout didalam fungsi utama. Setiap cout harus diakhiri dengan titik koma sebagai penanda akhir statement.

Parameter Argv dan Argc

Parameter argv dan argc berguna jika ada argumen yang diberikan saat program dieksekusi dari console atau menggunakan shortcut. Parameter tersebut bisa kalian hilangkan jika kalian tidak memerlukannya. Namanya juga bisa kalian ganti jika mau. 

Jika kalian tidak butuh kedua parameter tersebut, kalian bisa menyederhanakan kode programnya.

#include <iostream>

int main(){
    std::cout << "Hello, world!";
    return 0;
}

Hasilnya sama saja dengan kode program sebelumnya. Bedanya, saya hanya menghilangkan beberapa bagian dari kode program sebelumnya. Karena tidak ada "using namespace std", kalian harus menambahkan "std::" sebelum cout.

Endl

Dalam satu cout, kalian bisa menggunakan beberapa tanda "<<" untuk memisahkan tulisan, angka, atau variabel yang dijadikan output. Kalian juga bisa menambahkan endl untuk pindah baris.

#include <iostream>

using namespace std;

int main(){
    cout << "Hello, world!" << endl;
    return 0;
}

Perbedaan kode program di atas dengan kode program sebelumnya adalah adanya perpindahan baris setelah "Hello, world!" ditampilkan.

Komentar

Kalian bisa menambahkan keterangan ke dalam program dengan menggunakan komentar. Komentar tidak akan punya pengaruh apapun pada program. Tapi, itu bisa mempermudah saat kita perlu mengingat kegunaan dari bagian tertentu di dalam program. 

Kalau kalian perlu komentar yang hanya berlaku sampai akhir satu baris, gunakan "//" untuk mengawali komentar. Untuk komentar yang terdiri lebih dari satu baris, kalian perlu mengapitnya dengan "/*" dan "*/".

#include <iostream>

using namespace std;

int main(){
    cout << "Hello, world!";
    /*
    Ini
    adalah 
    komentar
    multiline
    */
    return 0;//Ini adalah komentar
}

Hasil kode program di atas sama dengan contoh pertama. Apapun yang kalian tambahkan ke komentar, hasilnya sama saja.

Header

Header menyimpan berbagai fungsi, konstanta, dan tipe data. Untuk menggunakan fungsi tertentu, kalian butuh header yang bisa disertakan dengan #include. Header standar namanya diapit dengan < dan >. Contoh header pada program hello world adalah <iostream>. Header standar dari Bahasa C umumnya bisa digunakan dalam bahasa C++.