Meta, Viewport, dan SEO

Salah satu tag yang tidak terlihat tapi banyak kegunaannya adalah tag <Meta>. Tag <meta> menyediakan metadata yang berisi informasi tentang dokumen HTML. Metadata tidak akan terlihat di halaman yang ditampilkan browser, tapi akan diproses oleh browser berdasarkan data yang ada.
<HTML>
<HEAD>
     <meta name="keywords" content="HTML, CSS, XML, XHTML, JavaScript">
     <meta name="description" content="Tutorial HTML dan CSS">
     <meta name="author" content="Gerimisya stela rida">
     <meta http-equiv="refresh" content="30">
</HEAD>
<BODY>
    <h2>Judul<h2>
    <p>Isi<p> </BODY>
</HTML>

Dari contoh di atas, kalian bisa melihat tag <meta> diletakkan di tengah elemen <head>. Satu halaman HTML bisa memiliki tag meta dengan nilai atribut name yang berbeda-beda.

Hubungan Antara Meta dan SEO

Meta umumnya digunakan untuk menjelaskan deskripsi halaman, keywords, penulis dokumen, dan metadata lainnya. Selain itu, metadata bisa digunakan oleh browser untuk menentukan bagaimana isi halaman ditampilkan, atau digunakan oleh search engine dan web services lainnya. Karena itu, metadata dinilai bisa berpengaruh terhadap SEO (Search engine Optimization).

Tiga tag utama dari tag meta adalah name dan content. Nilai dari atribut name bisa diisi dengan keyword dan description seperti contoh kode HTML di atas. Kedua atribut tersebut sering digunakan untuk memaksimalkan peringkat di google walaupun kenyataannya banyak faktor lain yang lebih berpengaruh, misalnya kualitas dari tulisannya.

Atribut

Selain name dan content, ada banyak atribut lain yang bisa digunakan dalam tag meta. Berikut ini adalah atribut yang bisa digunakan pada tag <meta> :
  1. name : nama metadata.
  2. http-equiv : menyediakan header HTTP yang nilainya ditentukan oleh nilai atribut content.
  3. content : memberikan informasi yang terkait dengan atribut http-equiv atau name.
  4. charset : Set karakter yang digunakan halaman HTML untuk encoding.
  5. default-style
  6. refresh
  7. author
  8. description
  9. generator
  10. keywords
  11. viewport

Viewport

Pada HTML5, tag <meta> bisa digunakan untuk menampilkan halaman yang responsive dengan viewport. Viewport merupakan nilai atribut name yang mendapat perlakuan khusus dari browser.

<HTML>
<HEAD>
    <TITLE>Belajar HTML </TITLE>
    <Meta name="viewport" content="width=device-width, initial-scale=1.0">
<HEAD>
<BODY>
    <H1>Coba<H1>
</BODY>
</HTML>


Viewport bisa digunakan untuk memaksimalkan tampilan halaman HTML di browser saat menggunakan perangkat mobile. Tanpa viewport, browser di ponsel atau perangkat mobile akan menampilkan isi halaman sedikit lebih kecil dari seharusnya.


1 comments:

Klik di sini untuk berkomentar
markson
admin
September 27, 2021 at 6:36 PM ×

At the point when you input an expression (or 'watchword') into a web search tool, it will fish through the entirety of its filed reports and return a rundown of the most suitable sites for you. https://www.sandeepmehta.co.in/affordable-seo-services-delhi/

Jawab
avatar