Database dengan SQLite dalam Lazarus

Selain menggunakan file handling sederhana dengan tipe Text / Textfile yang sudah tersedia di pascal, kalian juga bisa menggunakan sqlite, mysql atau database lainya saat menggunakan Lazarus. Kali ini, saya cuma menggunakan SQLITE. Untuk menggunakan SQLITE, minimal kita akan membutuhkan bagian-bagian dalam form dengan class sebagai berikut :
  1. TDataSource (Ada di Tab Additional)
  2. TDBGrid (Ada di Tab Data Control)
  3. TSQLite3Connection (Ada di Tab SQLdb)
  4. TSQLQuery (Ada di Tab SQLdb)
  5. TSQLTransaction (Ada di Tab SQLdb)
Setiap objek tersebut beberapa propertinya perlu dihubungkan dengan objek yang dibutuhkan sebelum bisa digunakan.
  1. Pada objek dengan class TDBGrid, ada properti Datasource yang perlu dihubungkan dengan salah satu TDataSource yang ada dalam form. 
  2. Pada objek dengan class TSQLite3Connection atau (objek untuk database lainnya), ada properti Transaction yang perlu dihubungkan dengan salah satu TSQLTransaction yang ada dalam form.
  3. Pada objek dengan class TDatasource, ada properti Dataset yang perlu dihubungkan dengan salah satu TSQLQuery yang ada dalam form.
  4. Pada objek dengan class TSQLTransaction, ada properti Database yang perlu dihubungkan dengan salah satu TSQLite3Connection yang ada dalam form.
Jika kalian menggunakan database lain, ganti TSQLite3Connection dengan class lain sesuai database yang kalian gunakan.

Untuk melihat nama class dari objek yang akan kalian tambahkan ke dalam form, kalian bisa melewatkan pointer mouse di atas objek yang akan kalian tambahkan.

Kalau kalian ingin bisa menggunakan "INSERT" atau "DELETE", kalian bisa menambahkan tombol dan textbox ke dalam form.

SQLITE menggunakan file untuk menyimpan database. Kalian bisa menambahkan data melalui program yang kalian buat maupun melalui command line dari sqlite. Kalian bisa mendownload library dan command line sqlite di halaman resminya. Jika kalian menggunakan linux, kalian bisa menginstall command line dan library sqlite melalui terminal menggunakan "sudo apt-get install sqlite3 libsqlite3-dev".

Jika kalian punya database yang sudah ada isinya, kalian dapat menambahkan kode program di bawah ini di salah satu bagian dari kode program yang terkait dengan event tertentu.

SQLQuery1.Close;
SQLQuery1.SQL.Text:= 'SELECT * from DATAKU';
SQLite3Connection1.Connected:= True;
SQLTransaction1.Active:= True;
SQLQuery1.Open;

Kalau kalian berhasil membuat programnya, kalian seharusnya akan melihat hasilnya menampilkan isi dari database.