Memberikan Warna dengan Fungsi RGB

Warna yang dihasilkan di monitor CRT adalah perpaduan warna dasar cahaya. Warna tersebut adalah warna merah (red), hijau(green), dan biru (blue). Kalian bisa menuliskan warna tersebut dengan bilangan hexadesimal 6 digit untuk mendapatkan warna yang beragam. Setiap 2 digit dalam bilangan hexadesimal mewakili satu warna dasar. Misalnya, #FF0088 bisa dipisahkan menjadi FF (merah), 00 (hijau), dan 88 (biru). Beberapa warna juga bisa kalian tuliskan sesuai namanya dalam bahasa Inggris.

Selain dengan konstanta nama warna dan bilangan hexadesimal, kalian bisa menghasilkan warna yang lebih beragam tanpa menggunakan bilangan hexadesimal. Caranya dengan menggunakan fungsi RGB.

Fungsi RGB tidak menggunakan bilangan hexadesimal. Fungsi tersebut menggunakan angka desimal atau angka berbasis 10. Angka-angka tersebut kita gunakan untuk menunjukkan intensitas setiap warna dasar. Pola penulisan fungsinya adalah RGB (Red, Green, Blue). Red, green, dan blue di dalam kurung bisa kalian ganti yang bernilai antara 0 sampai dengan 255 sesuai intensitas setiap warna yang diwakili nilai tersebut.

<HTML>
<HEAD>
    <TITLE>Belajar HTML</TITLE>
    <link rel="stylesheet" href="cssku.css">
</HEAD>
<BODY>
    <h2 class="styleku">Judul</h2>
    <p>paragraf 1</p>     <p>paragraf 2</p>     <p>paragraf 3</p>     <p>paragraf 4</p>     <p>paragraf 5</p>     <p>paragraf 6</p>     <p id="styleku">paragraf 7</p> </BODY> </HTML>
Kode CSS-nya (cssku.css) :
.styleku{
    color : RGB(255, 255, 0);/*sama dengan #FFFF00*/
}
#styleku{
    color : RGB(0, 255, 255);/*Sama dengan #00FFFF*/
}



Kalau kalian paham dengan konversi bilangan hexadesimal kalian mungkin tahu cara untuk menghasilkan warna yang sama dengan bilangan hexadesimal. Kalau kalian tidak paham, cukup copas saja warna dari aplikasi yang menyediakan color picker dengan warna RGB.

Aplikasi desain grafis umumnya akan menampilkan nilai RGB saat kalian memilih warna di palet, color picker, atau menu lainnya. Kalian bisa menyalin angka-angka tersebut dan menempatkannya di dalam fungsi RGB mulai dari warna merah sebagai angka pertama. Selanjutnya, kalian bisa menempatkan angka kedua di fungsi RGB yang mewakili warna hijau. Angka terakhir bisa kalian isi dengan angka yang mewakili warna biru. Setiap angka perlu dipisahkan dengan tanda koma.

Kalau hasilnya tidak sesuai atau kalian malas mengetik, download kode HTML dan CSS-nya di sini.