Tombol dalam Lazarus

Sama seperti program berbasis GUI yang lain, program yang dibuat dengan lazarus bisa diberi tombol yang memicu event tertentu saat diklik. Untuk menambahkan tombol atau button pada lazarus, kalian bisa mencari tombolnya di bagian tab standard dalam toolbar.

Kalian bisa menambahkan tombol dengan melakukan double click pada tombol di toolbar tersebut. Setelah tombol terlihat di dalam form, kalian bisa mengatur posisi tombol dengan "drag and drop".
Selanjutnya, kalian bisa mengatur properti caption dari button agar tulisan di dalam button berubah. Sebelum mengubah properti, klik dulu button-nya. Kalau button belum dipilih, maka yang akan tampak adalah properti dari form-nya.

Cari caption di tab properti yang terdapat dalam "Object Inspector", lalu ubah nilai dari properti caption, dan tekan enter untuk melihat perubahannya.

Kalian juga bisa melakukan hal yang hampir sama pada form-nya. Kalau kalian mengubah properti caption dari form, seharusnya judul form akan berubah.

Untuk lebih jelasnya, lebih baik praktekkan langsung!
Coba ubah judul programnya jadi "Programku", dan tulisan tombolnya jadi "Tombol".
Setelah mengubah judul program dan isi tombol, ubah nama / name dari tombolnya dengan mengubah properti name dari tombol. Ubah name-nya jadi "Tombolku".
lakukan double click / klik ganda pada tombolnya! Seharusnya, kalian akan melihat kode program yang terlihat seperti ini atau semacamnya.

procedure TForm1.TombolkuClick(Sender: TObject);
begin

end;


Jika isi yang ditampilkan saat kalian melakukan double click tidak sama dengan di atas, mungkin "nama tombol" atau nama event-nya berbeda. Apapun tulisannya, yang penting ubah isi di antara begin dan end-nya agar sama seperti di bawah ini!


procedure TForm1.TombolkuClick(Sender: TObject);
begin
    ShowMessage('Tombol sudah diklik!');
end;   
Coba jalankan programnya, dan klik tombolnya!
Kalian seharusnya akan melihat kotak pesan dengan tombol OK saat tombol di dalam program yang sudah dijalankan ditekan.