Membuat Program dengan Lazarus

Untuk membuat program berbasis GUI dalam Pascal, kita bisa menggunakan Lazarus. Dengan Lazarus, kita bisa melakukan drag and drop untuk menyusun tampilan program. Kita bisa menambahkan tombol, teks, gambar, dll. Lazarus bisa digunakan di windows, Linux, maupun MAC OS dengan kode program yang sama, walaupun kalian tetap harus meng-compile ulang untuk menghasilkan program untuk masing-masing OS.

Saat menggunakan lazarus, ada beberapa perbedaan yang terlihat jika dibandingkan saat kita menggunakan free pascal dengan cara biasa. Perbedaan tersebut beberapa diantaranya ada pada penggunaan object dan file selain file teks. Selain menggunakan lazarus, untuk membuat program berbasis GUI, kita bisa juga menggunakan "unit windows" dengan free pascal.

Jika kalian menggunakan windows, kalian bisa mendownload Lazarus di websitenya. Kalau kalian menggunakan Linux, install Lazarus lewat terminal atau cari di software center.

Membuat Project Baru dengan Lazarus

Untuk project baru dengan Lazarus klik File => Baru, dan kemudian pilih Aplikasi / Application setelah muncul pilihan yang berisi jenis-jenis project dalam Lazarus. Untuk melanjutkan, kalian bisa klik tombol OK setelah memilih aplikasi atau pilih "Aplikasi" dengan "klik ganda (double click)".
Kalian akan melihat form kosong yang akan bisa kalian beri tombol. Untuk menjalankan programnya kalian bisa klik tombol panah (yang biasanya berwarna hijau) atau klik menu Run => Run.
Kalian bisa mengubah tulisan dalam tombol atau bagian-bagian dari form dengan mengubah pengaturan propertinya (yang biasanya terdapat di sisi kiri jika belum dipindah setelah Lazarus diinstall).