TextArea

Tag <textarea> adalah salah satu tag yang bisa kita tambahkan ke dalam form selain tag input. <textarea> berguna untuk menerima text yang terdiri dari beberapa baris. Tag <textarea> termasuk tag yang memiliki tag pembuka dan tag penutup. Berbeda dengan tag input bertipe text, nilai dari <textarea> adalah isinya sehingga <textarea> tidak memerlukan atribut value. Sama dengan tag lain yang digunakan untuk menerima masukkan dari pengguna ke dalam form, tag area juga perlu menggunakan atribut name.

Beberapa atribut yang bisa kita gunakan pada input bisa kita gunakan pada textarea. Atribut yang umum digunakan dalam textarea adalah name dan placeholder. Berikut ini adalah contoh penggunaan textarea dengan menggunakan name dan placeholder.
<HTML>
<HEAD>
    <TITLE>Belajar HTML</TITLE>
</HEAD>
<BODY>
    <FORM method="post" action="test.htm">
    <textarea name="textarea" placeholder="hai">Hilangkan tulisan ini untuk menampilkan placeholder</textarea><BR />
    <input name="text" type="tulisan" value="Kirim"><BR />
    <input name="submit" type="submit" value="Kirim">
    </FORM>
</BODY>
</HTML>


Textarea tidak bisa menggunakan elemen HTML untuk "formating" seperti b, i, u, s, dll. Ada cara lain untuk menggunakan input dengan "rich text format", misalnya dengan plugin. Cara lainnya adalah dengan javascript dan atribut "contenteditable" pada tag <div>. Tapi, saya tidak akan membahas itu sekarang. Fokus saja ke penggunaan textarea.