Textbox dalam Lazarus

Untuk meminta input / masukkan dari pengguna, kita bisa menggunakan readln atau read jika programnya dijalankan di console / terminal. Kalau programnya berbasis GUI, cara itu tidak bisa digunakan. Tapi, kita bisa mendapatkan input dengan banyak cara lain. Salah satu cara untuk mendapatkan input dari pengguna adalah dengan menggunakan textbox.
Sama seperti frame dan button yang menggunakan caption untuk mengatur isi atau judulnya, kita bisa menggunakan  properti text untuk mengambil tulisan yang sudah diketik pengguna dalam textbox. Sekalipun nama propertinya berbeda, kegunaan dan cara penggunaannya sama saja. Kalian bisa merubah nilai properti Text di tab properti yang ada di object inspector.
Untuk mulai menggunakan text box, tentunya kalian harus membuat project baru atau membuka project yang sudah ada. Textbox ada di tab standard dengan nama class Tedit. Kalian bisa menambahkannya ke dalam form dengan melakukan double click. Jika kalian sudah membuka project kalian, coba tambahkan textbox dan button ke dalam form dan berikan nama / name sebagai berikut :
  1. Tombol => Button1
  2. Textbox => Text1 
Berikan nama dalam properti name dari tombol dan textbox-nya sesuai nama yang saya sebutkan di atas!
Selanjutnya, atur letak tombol dan textbox-nya. SS di bawah ini cuma contoh. Letak tombol dan textbox bisa kalian atur sesuai keinginan kalian.

Setelah itu coba jalankan programnya, ganti isi textbox-nya dan segera close!

Kalau kalian sudah mencoba menjalankan programnya, kalian tentu saja sudah tahu kalau isi textbox bisa diubah. Selain bisa diubah, isi textbox juga bisa kita salin ke variabel atau ditampilkan dengan "showmessage".

Kali ini, coba tambahkan event onclick pada tombol dengan melakukan doubleclick. Lalu, tambahkan "showmessage" seperti di bawah ini diantara begin dan end dari "procedure" untuk event onclick yang biasanya ada di bagian paling bawah.

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
    ShowMessage(Text1.Text);
end;
Kalau ada error, cek lagi properti name dari tombol dan textboxnya! 
Text1 (sebelum tanda titik) pada potongan kode program di atas adalah name dari textbox yang akan ditampilkan isinya. Properti name bisa kalian temukan di Tab properti. Kalian bisa menggantinya dengan isi properti name dari textbox-nya jika terjadi error saat kalian akan menjalankan programnya.

Setelah program berhasil dibuat dan dijalankan, klik tombolnya.