Variabel dalam PHP

Variabel adalah tempat kita menyimpan nilai, karakter atau data tertentu dalam bahasa pemrograman. Sesuai namanya, variabel bisa diubah nilainya jika diperlukan. Variabel juga bisa digunakan atau ditampilkan nilainya dengan echo atau fungsi lainnya.

Dalam PHP, semua variabel diawali dengan tanda dolar ($). Variabel tidak perlu dideklarasikan tipe datanya seperti pada pascal, C, C++ atau beberapa bahasa pemrograman lain yang memerlukan deklarasi variabel dengan tipe data yang berbeda-beda. Variabel bisa langsung digunakan setelah kita memberinya nilai dengan tanda sama dengan (=).

Berikut ini adalah contoh penggunaan variabel dalam php!

<?PHP
     $angka=1;
     echo("Nilai variabel saat pertama kali diberi nilai: ");
     echo($angka);
     $angka=2;
     echo("<BR />");//Bagian ini kita gunakan untuk menambahkan perpindahan baris menggunakan tag BR
     echo("Nilai variabel setelah diubah: ");
     echo($angka);
?>



Pada script PHP di atas, kita punya variabel angka yang kita beri nilai awal 1. Setelah itu, kita menampilkan nilai dari variabel angka di depan tulisan "Nilai variabel saat pertama kali diberi nilai: ". Berikutnya, nilai variabel angka kita tampilkan lagi setelah kita ubah menjadi 2.

Satu hal lagi yang perlu kalian perhatikan saat menggunakan variabel dalam PHP adalah "variabel bisa digunakan ditengah tanda kutip". Ini berbeda dengan  saat kita menggunakan variabel di dalam bahasa C, C++, javascript, dll; yang menggunakan variabel secara terpisah di luar tanda kutip. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh script PHP berikut ini.

<?PHP
     $angka=1;
     echo("Nilai variabel
\$angka saat pertama kali diberi nilai: $angka");
?>

Pada contoh script di atas, kita melihat penggunaan variabel dalam tanda kutip. Kita juga menampilkan karakter dolar($) dengan karakter khusus "\$". Selain "\$" ada beberapa karakter khusus yang bisa kita gunakan dalam PHP, tapi untuk saat ini, kita tidak akan menggunakannya, dan akan mempelajarinya lain kali saja.

Berikut ini saya akan memberikan satu script PHP sebagai contoh terakhir. Contoh di bawah ini menunjukkan bahwa variabel dalam PHP bisa diubah tipenya hanya dengan mengubah nilai atau isinya, berbeda dengan bahasa pemrograman lain yang menggunakan satu tipe yang tidak bisa diubah selama program dijalankan.

<?PHP
     $angka=1;
     echo("Nilai variabel \$angka saat pertama kali diberi nilai: $angka");
?>
<BR />
<?PHP
     $angka="Angka";
     echo("Nilai variabel \$angka setelah diubah: $angka");
?>