Membuat program dengan Code Block

Sebelum kalian mengikuti apa yang akan saya bahas, pastikan kalian sudah memiliki Code Block. Jika belum punya installernya, kalian bisa men-download dan menginstalnya. Untuk linux, kalian bisa menginstalnya melalui software center atau lewat terminal dengan mengetik "sudo apt-get install codeblocks". Jika sudah diinstal, buka codeblock-nya lewat desktop atau menu. Jika codeblock sudah terbuka, mari kita mulai membuat program!?

1.Kalau Code block sudah terbuka, klik menu file>>new>>project. Setelah itu kalian akan melihat tampilan dialog untuk memilih project yang ada.


2.Pilih "empty project" untuk membuat project kosong dengan bahasa C atau C++. Kalian bisa meng-klik go, atau double click empty project untuk menuju tampilan dialog berikutnya.

3.Setelah dialog window seperti di atas muncul, ganti "Project title" alias nama project menjadi "coba"! "Project filename" dan "Resulting filename" secara otomatis akan berubah sesuai nama project. 

4.Ganti "Folder to create Project in" dengan folder tempat untuk meletakkan project yang kalian inginkan. Klik tombol "..." untuk melihat pilihan folder yang ada di komputer kalian. Pada contoh diatas, project yang saya buat ada di folder "D:\proyekku\". Kalian boleh menggantinya sesuai kemauan kalian. Jika kalian sudah selesai, klik Next untuk menuju dialog berikutnya.


5.Setelah kalian melihat dialog seperti di atas, kalian bisa menentukan di mana tempat kalian meletakkan hasil dari project kalian. Untuk saat ini biarkan saja apa adanya dan klik finish. Setelah dialog tertutup, akan ada satu project baru dengan nama "coba" yang kalian bisa lihat di sebelah kiri seperti tampilan di bawah ini. Jika kalian masuk "explorer" pada windows atau file manager pada OS lain, maka project kalian sudah ada di "tempat/folder yang kalian tentukan pada langkah ke 3, yang ada dibawah "Folder to create Project in".

6.Project kalian seharusnya masih kosong, kalian bisa menambahkan file baru dengan klik "File>>New>>empty file".
7.Jika muncul pilihan seperti di bawah ini. klik yes.
8.Jika sudah kalian klik yes seharusnya akan tampil dialog untuk menyimpan file seperti di bawah ini. Ganti "File name" / nama filenya dengan nama "main.cpp" dan biarkan saja folder tempat menyimpan file tersebut sama dengan tempat project kalian, jangan ubah apapun selain "nama file"-nya. "File type" / jenis file-nya boleh "All Files (*.*)" atau "C/C++ Files". Klik Save jika kalian sudah mengisi nama filenya dengan "main.cpp".
9.Klik "coba" untuk melihat apakah file kalian sudah ditambahkan ke dalam project atau belum.
10.Jika project "coba" sudah diklik akan muncul Folder source. Jika Folder "Source" di-double click maka tampilan Code block akan seperti di bawah ini.

11. Program tidak bisa di compile jika tidak ada file, minimal harus ada satu file untuk di compile. Selain itu dalam Bahasa C++ ada satu fungsi yang wajib diketikkan ke dalam kode program, yaitu "int main()". Tanpa fungsi tersebut program tidak bisa di compile :D. jadi sekarang double click main.cpp dan mulai ketik program di bawah ini.

int main(){
    return 0;
}
Jika kalian sudah selesai mengetik, seharusnya tampilannya seperti di bawah ini : 
9.setelah selesai mengetik mari kita compile program kita. klik menu "Build>>Build and run" untuk meng-compile dan segera menjalankan program kalian. Program akan dijalankan dengan Ms.dos jika kalian menggunakan windows, atau terminal jika kalian menggunakan linux.
Sebenarnya Program hanya berjalan sebentar dan segera tertutup. Informasi yang ditampilkan dos adalah perintah yang diberikan "code block" kepada Ms.dos setelah program berakhir. "Press any key to continue" atau semacamnya hanyalah baris tambahan yang hanya akan muncul jika program dijalankan dari code block.

Coba jalankan "coba.exe" yang ada di dalam folder project! Program seharusnya tidak akan menampilkan apa-apa, jika program dijalankan "secara langsung" dan komputer kalian cukup cepat. Program segera tertutup setelah dijalankan, karena tidak ada perintah lagi yang harus dijalankan program di dalam fungsi "int main".

Saat menu "Build" diklik, ada beberapa pilihan menu selain "Build and Run". Berikut ini fungsi dari pilihan yang terdapat dalam menu Build :
  1. Build : Meng-compile file yang sudah kita ubah dan mengubahnya menjadi program tanpa menjalankannya.
  2. Compile current file : Meng-compile alias Mengubah file yang sedang aktif menjadi objek.
  3. Build and Run : Mengcompile semua file dalam project, mengubahnya menjadi executable dan menjalankan program yang dihasilkan.
  4. Rebuild : Sama dengan Build, hanya bedanya semua file dipastikan di compile ulang walaupun tidak ada perubahan.
  5. Clean :Membersihkan file objek(*.o) dan program yang dihasilkan dari folder project.
Program yang kalian hasilkan ada di folder dalam proyek/project kalian sesuai dengan setting "Release" dan "Debug" saat kalian membuat projek. Setelah melakukan proses "Build", silakan cek isi di folder proyek kalian dan carilah program yang sudah dihasilkan. 

Untuk saat ini, yang terpenting kalian sudah tahu cara meng-compile program. Secara rincinya saya akan bahas pada posting saya berikutnya di blog ini.

2 comments

Klik di sini untuk berkomentar