Komentar dalam Pascal

Komentar digunakan untuk memberikan penjelasan pada program. Komentar tidak akan mempengaruhi jalannya program. Dalam bahasa pascal ada dua jenis komentar yaitu inline comment / single line comment dan multiple line comment. Inline comment hanya berpengaruh pada satu baris, dan tidak akan mempengaruhi baris berikutnya. Berbeda dengan inline comment yang hanya memberikan komentar di dalam satu baris setelah "//", multiple line comment baru akan mengakhiri komentar setelah ada tanda tutup kurung kurawal.
Contoh :

// ini adalah single line comment
begin
    { ini adalah multiple line comment }
end. 
Program yang hanya isinya hanya seperti di atas tidak akan menghasilkan apapun karena tidak ada apapun di antara begin-end selain komentar. Komentar tidak akan mempengaruhi program apapun isinya.

Untuk lebih jelasnya, coba ketikkan program Hello world berikut ini :



Program Hello_world;
uses crt;
begin
    clrscr;//bersihkan baris ini
    writeln('Hello world');//baris ini berguna untuk menampilkan tulisan "hallo dunia"
    {
        Program ini berguna untuk menampilkan Hello world.
    }
end.

Program di atas hanya akan menampilkan tulisan "Hello world" apapun komentarnya. Kalau kalian menghapus bagian komentarnya, seharusnya hasil dari programnya tetap sama.

Btw, tanda kurung kurawal dalam pascal yang berguna untuk memberikan komentar berbeda dengan tanda kurung kurawal dalam bahasa C atau C++ (yang digunakan untuk compound statement).