While

Sebelumnya, kalian mungkin sudah mempelajari percabangan dengan if else dan switch case. Selain percabangan, kalian juga bisa menggunakan perulangan dalam Bahasa C++. Perulangan biasa disebut juga dengan loop. Tapi, itu sepertinya tidak perlu dijelaskan kalau kalian paham bahasa Inggris.

Kesamaan percabangan (branch) dan perulangan (loop) adalah keduanya menggunakan kondisi. Percabangan hanya mengeksekusi statement satu kali. Ini berbeda dengan perulangan yang mengulang-ulang statement saat kondisi bernilai benar hingga kondisi bernilai salah atau tidak terpenuhi syaratnya. Saat kondisi bernilai benar, statement yang dimiliki perulangan akan terus diulang. 

Perulangan mengharuskan adanya perubahan variabel supaya tidak terjadi "infinite loop" atau "perulangan tanpa akhir". Untuk mengubah nilai variabel, kalian bisa menggunakan decrement, increment, atau salah satu  assignment operator. Kalau terlanjur terjadi infinite loop, kalian bisa menekan tombol close di console / terminal.

Ada beberapa perulangan dalam bahasa C++. Perulangan-perulangan tersebut adalah while, for, dan do while. Kali ini saya cuma membahas perulangan menggunakan "while". 

Seperti artinya, while akan mengulang "saat kondisi bernilai benar". Jika kondisinya salah sejak awal, maka statement tidak akan dieksekusi sama sekali.

Sintaks while sama dengan if. Supaya lebih jelas, lihat sintaksnya di bawah ini.

  • while(kondisi)statement;
  • while(kondisi){statement1;statement2;}

Menampilkan Teks atau String

perulangan bisa digunakan untuk menampilkan kalimat atau teks yang sama sebanyak beberapa kali. Contoh kode program untuk mengulang kalimat dengan menggunakan while bisa kalian lihat di bawah ini.

#include <iostream>

using namespace std;

int main(){
int i=1;
	while(i<=5){
	    cout << "saya akan mengulang ini"<<endl;
	    i++;
	}
	return 0;
}
Output :
saya akan mengulang ini
saya akan mengulang ini
saya akan mengulang ini
saya akan mengulang ini
saya akan mengulang ini

Kode program tersebut mengulang statement yang dimilikinya sebanyak 5 kali. Itu karena nilai awal variabel i adalah 1. Selain itu, ada i yang diberi operator increment ( ++ ) untuk menaikkan nilainya sebanyak satu di setiap perulangan. Saat nilai i sama dengan 5 perulangan akan dihentikan karena kondisi yang sudah tidak sesuai.

Menampilkan Isi Variabel

Perulangan digunakan untuk mengulang statement yang sama. Tapi, output yang ditampilkan tidak hanya output yang sama persis. Jika kalian mencetak nilai variabel, maka isinya akan selalu berbeda di setiap "putaran" jika nilainya diubah di dalam perulangan. Contoh kode program berikut ini berisi perulangan yang mencetak isi dari variabel i.

#include <iostream>

using namespace std;

int main(){
int i=1;
    while(i<=5)cout << "nilai i : " << i++ <<endl;
    return 0;
}
Output :
nilai i : 1
nilai i : 2
nilai i : 3
nilai i : 4
nilai i : 5

Contoh di atas mengubah nilai variabel i dengan operator increment (++) sehingga nilai bertambah satu di setiap perulangan, hingga nilai i akhirnya sama dengan 5. Karena syarat dari kondisi while adalah "i<=5", maka saat nilai i lebih dari 5 program akan berhenti. Selain increment, kalian bisa menggunakan operator decrement (--). Operator decrement digunakan untuk mengurangi nilai variabel sebanyak satu.

Kalian perlu memastikan untuk menggunakan operator relasional yang sesuai jika kalian tidak ingin loop terulang tanpa henti.