Mendapatkan Sebagian Isi String dengan Function substr() dan strstr()

Untuk mendapatkan isi string dari posisi tertentu dengan jumlah karakter tertentu, kita bisa menggunakkan function substr(). Misalnya, kita ingin mendapatkan string dari posisi ke-x sebanyak n karakter dari variabel $s, maka kita bisa menggunakan substr($s, x, n). Karakter pertama dalam function substr dimulai dari 0, dan bukan 1. Jadi, nilai dari parameter untuk posisinya berselisih satu jika dibandingkan dengan "posisi sebenarnya".

Berikut ini adalah contoh script PHP-nya!

<?PHP
    $s="Stringku";
    $potongan=substr($s, 0, 6);
    echo("Potongan ($s) =>".$potongan);
?>
Selain menggunakan function substr(), kita juga bisa menggunakan strstr untuk memotong string dari "kata pertama yang ditemukan". Jadi, bagian string sebelum kata yang dicari akan dihilangkan. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh di bawah ini!

<?PHP
    $s="<a href='#'>Stringku</a>";
    $potongan=strstr($s, "href");
    echo("Potongan ($s) => ".$potongan);
?>
Pada contoh script di atas kata atau string yang dicari adalah href. Karena itu, hasilnya dimulai dari "href" pertama yang ditemukan dalam string, dan bagian string sebelum href dihilangkan.

Selain menggunakan strstr, kalian juga bisa menggunakan function stristr() jika kalian tidak ingin membedakan huruf besar dan huruf kecil dari substring yang dicari.