HR dan BR

Elemen HTML umumnya ditulis dengan pasangan  tag pembuka dan penutup beserta isinya. Contoh pasangan tag misalnya <h1>...</h1>, <p>...</p>, dll. Tapi, tidak semua tag harus ditulis berpasangan. Beberapa tag yg berdiri sendiri misalnya adalah <BR> dan <HR>. Walaupun berdiri sendiri kedua tag tersebut dihitung sebagai satu elemen.

<BR> digunakan untuk menambahkan satu baris kosong pada HTML. Sedangkan <HR> digunakan untuk membuat garis sepanjang satu baris.

Penulisan <BR> yang seharusnya adalah <BR />, walaupun boleh juga tetap ditulis <BR> tanpa tanda garis miring (/). Penambahan garis miring di dalam tag juga berlaku untuk tag tunggal lainnya termasuk <HR>.

BR

Tag <BR> digunakan untuk menambahkan satu baris kosong, seperti yang sudah saya tulis di atas. Semakin banyak tag <BR > maka jarak antara setiap paragraf, heading atau elemen HTML lainnya akan semakin jauh.

<HTML>
<HEAD>
    <title>HTMLku</title>
</HEAD>
<BODY>
    <H1>Ke-1</H1>
    <BR /><BR />
    <H1>Ke-2</H1>
    <BR /><BR />
    <BR /><BR />
    <H1>Ke-3</H1>
</BODY>
</HTML>
Dari contoh di atas, sudah jelas terlihat ada jarak yang berbeda untuk masing-masing tulisan sesuai dengan jumlah <BR />. Jika kalian menambahkan lebih banyak <BR /> maka jaraknya akan bertambah juga.

HR

Tag <HR> digunakan untuk menampilkan satu garis dari ujung ke ujung. Warna dan ukuran garis mungkin saja sedikit berbeda di setiap browser, kecuali kalian menerapkan style CSS.
<HTML>
<HEAD>
    <title>HTMLku</title>
</HEAD>
<BODY>
    <H1>Ke-1</H1>
    <HR />
    <H1>Ke-2</H1>
    <HR />
    <HR />
    <H1>Ke-3</H1>
</BODY>
</HTML>

Tag HR tidak memiliki atribut khusus. Walaupun begitu, tag ini bisa menerima beberapa "atribut umum".