Include dan Require dalam PHP

Ada saatnya kita membutuhkan isi dari file lain karena ada beberapa script yang punya kesamaan tapi tidak butuh function. Di saat seperti inilah kita mungkin akan membutuhkan include dan require. Include dan require kegunaannya hampir sama, yaitu menyelipkan isi file ke dalam file lain saat suatu file dijalankan. Perbedaan include dan require hanya pada saat terjadi error karena file tidak ditemukan. Require tidak akan melanjutkan script PHP jika file tidak ditemukan, berbeda dengan include yang akan tetap melanjutkan script sekalipun file yang diinginkan tidak ditemukan.
Contohnya bisa dilihat di bawah ini.

<?PHP
    $i=0;
    include("fileku.php");
    echo("<BR /> lanjut? <BR />");   
    require("fileku.php");
    echo("<BR />lanjut <BR />");
?>
 

Coba simpan sebagai file index.php langsung jalankan tanpa adanya fileku.php. Kalau sudah dicoba, sekarang buat file "fileku.php", kemudian letakkan di folder yang sama. Isinya bebas, tapi kalau bingung, coba saja ketik yang ada di bawah ini.

<?PHP
    echo("berhasil");
?>

Selanjutnya lihat hasilnya!
Pada contoh di atas, bisa terlihat kalau hasilnya adalah file index.php yang di dalamnya terdapat selipan berupa isi script dari "fileku.php". Kalian seharusnya akan melihat hasil yang sesuai kalau "fileku.php" berada di folder yang sama dengan "index.php" yang berada di localhost atau server kalian. Kalian bisa coba ubah isi dari "fileku.php" untuk mendapatkan hasil yang berbeda. Misalnya jadi seperti di bawah ini.

<?PHP
    $i++;
    echo("Nilai \$i".$i);
?>

Buka localhost atau situs kalian, dan lihat hasilnya!
Kalau kalian perhatikan dan analisa, kalian bisa melihat kalau nilai berubah. Hal ini terjadi karena tiap file saling berkaitan sehingga bisa menjadi seperti satu script.

1 comments:

Klik di sini untuk berkomentar
Karimishaq
admin
June 15, 2019 at 10:11 PM ×

Iya, require digunakan kalau filenya wajib ada.

"Require tidak akan melanjutkan script PHP jika file tidak ditemukan, ...."

Jawab
avatar