Menghilangkan Bagian-Bagian Tertentu dalam String

Ada beberapa function yang bisa kita gunakan dalam PHP untuk menghilangkan Untuk menghilangkan karakter atau substring tertentu. Jika kita ingin menghilangkan bagian-bagian yang sama dari seluruh string, kita bisa menggunakan str_replace(). Tapi ,untuk menghilangkan sebagian karakter dari sisi kiri dan kanan tanpa mempengaruhi sisi tengahnya, kita akan membutuhkan trim. Perbedaan hasil dari trim dan str_replace bisa kalian lihat di bawah ini.

<?PHP
    $s="__Ini_cuma_contoh__";
    echo("\$s :".$s."<BR />");
    echo("str_replace :".str_replace("_", " ", $s)."<BR />");
    echo("trim : ".trim($s, "_")."<BR />");
?>

Dari contoh script di atas kita bisa melihat perbedaan dari function str_replace() dan trim(). Function str_replace menghapus substring atau karakter tertentu (yang pada contoh di atas adalah underscore / "_") dengan menggunakan string kosong(""). Function trim tidak mengganti substring atau karakter tertentu "dari seluruh bagian string", tapi trim hanya menghilangkan huruf tertentu dari sisi kiri dan sisi kanan string. 

Function trim menggunakan parameter yang lebih sedikit daripada str_replace karena yang dibutuhkan sebagai parameter hanya karakter yang dihapus, ini berbeda dengan str_replace yang butuh substring atau karakter yang akan diganti dan gantinya.

Function trim tidak hanya bisa menghapus satu karakter, tapi juga bisa menghapus beberapa karakter dari sisi kiri dan kanan string. Jika kalian hanya ingin menghapus bagian kanan string, gunakan rtrim, dan kalau kalian ingin menghapus bagian kiri string, gunakan ltrim. Berikut ini adalah contoh penggunaan "ketiga function tersebut".

<?PHP
    $s="__Ini_cuma_contoh__";
    echo("\$s :".$s."<BR />");
    echo("trim : ".trim($s, "_hI")."<BR />");

    echo("ltrim : ".ltrim($s, "_")."<BR />");
    echo("rtrim : ".rtrim($s, "_")."<BR />");
?>


Sekadar mengingatkan!
Function-function yang sudah kita pelajari di atas, yaitu :
  1. str_replace : Mengganti substring dengan string lainnya.
  2. trim : Menghapus karakter di bagian kiri dan kanan string.
  3. rtrim : Menghapus karakter di bagian kanan string.
  4. ltrim : Menghapus karakter di bagian kiri string.
Btw; function trim, ltrim dan rtrim bisa menggunakan satu parameter saja, yaitu string yang ingin dihapus sisi kiri dan kanannya. Tanpa parameter kedua, karakter yang akan dihapus yaitu "\n"(baris baru), tab, tab vertikal, "\r" (return), dan karakter null.