Hello Lazarus

Kali ini, kita akan mempelajari cara untuk menampilkan "Kotak Pesan" sederhana yang berisi tulisan "Hello, World!!!". Sebelum memulai, pastikan kalau Lazarus sudah terinstall di komputer kalian. Setelah itu, buat Project baru.
Jika kalian sudah membuat project baru, seharusnya akan ada form kosong. Form tersebut bisa kalian klik dua kali berturut-turut  (atau double click) supaya muncul source codenya. Setelah muncul kode programnya, seharusnya akan terlihat bagian seperti di bawah ini!

procedure TForm1.FormCreate(Sender: TObject);
begin

end;


Kalau programnya belum diubah, biasanya isinya seperti itu. Selanjutnya, kalian bisa mengubah bagian tersebut jadi seperti di bawah ini.

procedure TForm1.FormCreate(Sender: TObject);
begin
    ShowMessage('Hello, World!!!');
end;  
Isi kode programnya mungkin bisa berbeda jika nama formnya berbeda. Kalau kode programnya tidak terlihat  seperti di atas, cukup ubah bagian di antara begin dan end-nya. Isi bagian di antara begin dan end-nya dengan "ShowMessage('Hello, World!!!');".

Kalau sudah diubah, klik tombol run yang berbentuk tanda panah ke kanan, atau kalian juga bisa menggunakan menu Run => Run. Jika program sudah dijalankan, seharusnya akan terlihat messagebox A.K.A. kotak pesan dengan tulisan "Hello, World!!!".


Klik OK, dan seharusnya window utamanya akan terlihat setelah tombol tersebut diklik. Kalian bisa menutup windownya untuk mulai lagi mengedit kode program dan Form-nya. Kalian bisa mengganti tulisan 'Hello, World!!!' dengan tulisan lainnya. Jika kalian ingin menyimpan project kalian, kalian bisa memilih menu File => Save All, atau kalau bahasanya Indonesia klik File => Simpan Semua.