Karakter Khusus

Ada beberapa karakter yang tidak bisa ditampilkan hanya dengan menuliskannya diantara tanda kutip. Saat berdiri sendiri, karakter-karakter tertentu punya kegunaan khusus dalam script. Karena itu, beberapa karakter harus ditulis setelah tanda backslash(\) supaya bisa ditampilkan. Berikut ini adalah beberapa karakter khusus yang biasa disebut escape sequences dan bisa digunakan dalam PHP!
  1. \$
  2. \\
  3. \"
  4. \'
  5. \n (newline / pindah baris)
  6. \r (enter / karakter ke-13 dalam ASCII)
  7. \t (tab)
Escape sequences seperti \$, \\, \", dan \' tidak akan memperlihatkan backslashnya, tapi yang diperlihatkan saat kalian menggunakannya hanya karakter setelah tanda backslash. \n, \t, dan \n tidak akan terlihat dalam hasil yang ditampilkan, tapi bedanya akan terlihat saat kalian melihat kode HTML yang dihasilkan dengan view source. Coba perhatikan contoh berikut ini.

<?PHP
    $variabel=" bernama variabel";
    echo "\"";
    echo "<b>\$variabel</b>";
    echo "<i>$variabel</i>";
    echo "\""; 

?>

Dari script di atas, kalian bisa memperhatikan beda dari $svariabel dan \$variabel. Selain itu, kalian juga seharusnya bisa menganalisa perbedaan dari hasil yang ditampilkan dan kode yang dihasilkan. Kalau kalian menggunakan view source code di browser kalian, kalian bisa melihat kode HTML yang dihasilkan.