Variabel dalam Javascript

Variabel dibutuhkan untuk menyimpan nilai, baik itu berupa angka, string, atau tipe data lainnya. Dalam Javascript, variabel dideklarasikan dengan menggunakan "var", tanpa perlu menyebutkan tipe datanya. Variabel bisa langsung diberi nilai dengan menggunakan tanda sama dengan(=), atau dibiarkan tanpa pemberian nilai awal supaya nilainya tetap "undefined".
<HTML>
<HEAD>
    <TITLE>Belajar HTML</TITLE>
</HEAD>
<BODY>
   <Script>
       var i=2;
       var s="Saya";
       document.writeln(i);
       document.writeln(s);
   </Script>
</BODY>
</HTML>

Dalam Javascript, suatu variabel tipenya ditentukan oleh nilai yang diberikan pada variabel tersebut. Tipe data dari nilai yang diberikan pada suatu variabel bisa berupa angka, string, pecahan, atau object tertentu. Kalau mau, kalian bisa mengubah isi dari variabel di tengah script, walaupun sebaiknya tipe data dari variabel tidak berubah hingga akhir script.

Selain menggunakan var untuk mendeklarasikan variabel, kalian juga bisa menggunakan const untuk mendeklarasikan konstanta. Konstanta tidak bisa diubah selama halaman yang dihasilkan oleh kode HTML belum ditutup.
<HTML>
<HEAD>
    <TITLE>Belajar HTML</TITLE>
</HEAD>
<BODY>
   <Script>
       const i=2;
       const s="Saya";
       document.writeln(i);
       document.writeln(s);
       //i=3;document.writeln(i);
       //Coba hilangkan // yang ada pada baris di atas
   </Script>
</BODY>
</HTML>
Coba ubah nilai dari i dan s! Kalau kalian mengubah nilai konstanta-konstanta tersebut, maka scriptnya akan error dan hasilnya tidak akan sesuai keinginan kalian.