Input dan output dalam Pascal

Output
Sebelum ini, kalian sudah sering menampilkan output dengan menggunakan writeln. Selain writeln, kalian juga bisa menggunakan write untuk menampilkan output. Perbedaan dari write dan writeln adalah write tidak akan berpindah baris setelah menampilkan sesuatu, berbeda dengan writeln yang akan berpindah baris setelah memperlihatkan string atau isi variabel. Untuk lebih jelasnya perhatikan kode program di bawah ini.


Program output;
uses crt;
begin
    clrscr;
    writeln('writeln');writeln('writeln');
    write('write');write('write');
    readln;
end.

Dari output / keluaran program di atas sudah jelas terlihat kegunaan dari write yang tidak akan berpindah baris setelah menampilkan tulisan. Itu jelas berbeda dengan writeln yang berpindah baris setelah menampilkan tulisan.

Input
Salah satu cara meminta input dari pengguna adalah dengan fungsi readln. Readln bisa juga digunakan untuk menunggu penekanan enter jika tidak disertai parameter. Untuk menerima masukkan dari pengguna, kita cukup menambahkan argumen beruba variabel sebagai parameter pada readln. Readln akan menerima masukkan dari pengguna dan menyimpannya pada variabel yang diberikan pada parameter dari readln. Berikut ini adalah contoh penggunaan readln :

Program input;
uses crt;
Var i:integer; 
begin
    clrscr;
    Readln(i);
    Write('Angka anda=', i);
    Readln
end.

Jika kalian mencompile kode program kalian di IDE seperti free pascal, saat program baru dijalankan, program akan kosong. Kalian bisa mengetikkan beberapa angka. Setelah itu, tekan enter dan lihat hasilnya! Program seharusnya akan menunggu kalian memasukkan nilai dan menekan enter. Setelah kalian menekan enter, nilai yang kalian ketik akan dimasukkan dalam variabel. Jika nilai yang kalian ketikkan bukan angka, maka program akan memunculkan "runtime error".
Jika yang kalian gunakan adalah IDE online masukkan satu angka ke stdin atau input, kemudian klik jalankan (RUN) dan lihat hasilnya.

Selain tipe data angka integer dan real, tipe data string bisa juga dijadikan parameter function readln. Tipe data string adalah tipe data dari variabel yang menyimpan sekumpulan karakter. Sedangkan tipe data real adalah tipe data yang menyimpan pecahan desimal. Contohnya :

Program input;
uses crt;
Var s:string; 
begin
    clrscr;
    Readln(s);
    Write('Kalimat atau tulisan anda : ', s);
    Readln
end.
Pada program yg berjalan di DOS atau terminal linux, fungsi readln menunggu penekanan Enter dan menyimpan masukkan pengguna yang sudah diketikkan, kemudian kursor dan baris berpindah. Selain readln ada function input lain yaitu "read" yg meminta input tanpa pindah baris.

Readln akan menerima  parameter berupa string dan tipe data dasar atau member dari tipe data bentukkan. Berikut ini adalah tipe data yang termasuk tipe data dasar :
  1. Integer dan bilangan bulat lainnya
  2. Real dan bilangan pecahan lainnya
  3. Boolean dan kelompoknya
  4. Char dan kelompoknya
Walaupun kalian seharusnya menggunakan read untuk membaca beberapa karakter atau nilai dalam satu baris, kalian bisa juga menggunakan readln untuk membaca beberapa angka sekaligus dalam satu baris. Angka yang akan dibaca oleh readln dalam satu baris harus dipisahkan oleh spasi, dan readln-nya harus menggunakan beberapa variabel yang dipisahkan dengan tanda koma seperti contoh di bawah ini.

Program input;
uses crt;
Var a, b, c:integer; 
begin
    clrscr;
    Readln(a, b, c);
    Writeln('a : ', a);
    Writeln('b : ', b);
    Writeln('c : ', c);
    Readln
end.

Sekian pembahasan tentang input dan output dari saya. Silakan tanyakan apa yang belum kalian pahami atau ingatkan saya jika ada typo.