Combobox dan Listbox dalam Lazarus

Dalam program, ada dua cara yang umum digunakan untuk menampilkan pilihan dalam bentuk teks. Dua cara tersebut adalah dengan menggunakan Combobox dan Listbox. Ada beberapa cara lain yang mungkin dilakukan, tapi untuk kali ini kita hanya menggunakan kedua cara tersebut.

Combobox
Combobox adalah bagian dari program yang bisa kita gunakan untuk menampilkan pilihan. Pilihan-pilihan tersebut akan ditampilkan saat kita menekan combobox dengan klik kiri. Setelah ada yang dipilih, Apa yang kita pilih akan ditampilkan di combobox. Dalam Lazarus, combo box bisa ditemukan sebagai salah satu item dalam tab Standard. Kita bisa menambahkan combobox dalam form dan menentukan namanya sesuai keinginan kita.
Pilihan-pilihan dalam combobox bisa kita tambahkan saat program dibuat lewat properti items, atau saat program dijalankan. Jika kalian ingin menambah isi combobox, kalian bisa menggunakan method add() yang dimiliki properti items. Jika kalian ingin menambahkan pilihan dengan nama "pilihan 1" dalam combobox1, maka gunakan combobox1.items.add('pilihan 1').

Pada contoh kode program di bawah ini, saya meletakkan statement-statement untuk menambahkan pilihan pada combobox dalam event FormCreate yang akan dieksekusi saat program baru berjalan.
procedure TForm1.FormCreate(Sender: TObject);
begin
    ComboBox1.Items.Add('pilihan 1');
    ComboBox1.Items.Add('pilihan 2');
    ComboBox1.Items.Add('pilihan 3');
    ComboBox1.Items.Delete(2);
end;
ComboBox1 pada contoh di atas bisa kalian ganti dengan nama combobox yang sudah kalian tentukan dalam properti name.

Selain menambahkan pilihan dengan add(), kalian juga bisa menghapusnya dengan delete(). Tapi, hati-hati saat menghapus item atau pilihan dalam combobox, karena item tersebut dihapus berdasarkan index-nya. Indeks item dari combobox dimulai dari 0, dan bukan dari 1.

Untuk menghapus semua items dalam combox, gunakan method clear().

ListBox
List box adalah bagian dari program yang menampilkan "semua" pilihan yang terdapat di dalamnya. Listbox dan Combobox punya beberapa method yang hampir sama dalam properti items; misalnya add, delete, clear, dll. Listbox juga bisa kalian temukan di tab yang sama dengan combobox.

procedure TForm1.FormCreate(Sender: TObject);
begin
    ListBox1.Items.Add('pilihan 1');
    ListBox1.Items.Add('pilihan 2');
    ListBox1.Items.Add('pilihan 3');
    ListBox1.Items.Delete(2);
end;