Open dan Save File Lazarus

Untuk membuka dan menyimpan file, kalian bisa menggunakan TOpenDialog dan TSaveDialog. Perbedaan dari TOpenDialog dan TSaveDialog cuma ada pada beberapa tombol dan tulisan di dalamnya. Cara menggunakan keduanya hampir sama. Kegunaannya sama-sama digunakan untuk menampilkan file yang akan dipilih.
Sebelum menambahkan event dan kode programnya, tentu saja kalian perlu menambahkan TOpenDialog atau TSaveDialog-nya. Kalian bisa menambahkan TOpenDialog maupun TSaveDialog lewat tab Dialogs di Lazarus. Supaya kalian bisa menggunakan kode program yang akan saya berikan, ganti nama masing-masing "dialog" tersebut jadi Fbuka dan Fsimpan!!!
Karena ini cuma contoh, kita cuma akan menambahkan tombol untuk menampilkan masing-masing "dialog", tanpa ada file yang disimpan. Saat file dipilih, program akan menampilkan nama file dengan menggunakan prosedur "ShowMessage".

Setelah semua bagian dari form ditambahkan, double click pada form-nya. Tambahkan kode program di bawah ini pada event OnCreate.
begin
    Fbuka.DefaultExt:='ext';
    Fbuka.Filter:='Text files (*.txt)|*.TXT|Pascal (*.pas)|*.PAS';

    Fsimpan.DefaultExt:='ext';
    Fsimpan.Filter:='Pascal (*.pas)|*.PAS';
end;
Selanjutnya, double click pada masing-masing tombol dan tambahkan kode program di bawah ini.
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
    if(Fbuka.Execute)then
    ShowMessage(Fbuka.FileName);
end;

procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
    if(Fsimpan.Execute)then
    ShowMessage(Fsimpan.FileName);
end; 
Method execute digunakan untuk menampilkan "dialog" untuk membuka atau menyimpan file, tergantung jenis komponen yang ditambahkan ke dalam form. Jika ada nama file yang dipilih, Execute akan mengembalikan nilai true. Sebaliknya, jika tombol batal ditekan atau tidak ada file yang dipilih, maka false akan dikembalikan oleh execute.

Nama file yang dipilih akan disimpan dalam properti FileName sebagai "alamat absolut" lengkap dengan nama foldernya. Kalian bisa menggunakannya untuk diproses dengan function atau prosedur lain sesuai keinginan kalian.

Btw, kalau nama event-nya beda, sesuaikan saja nama event-nya. Setelah kode programnya ditambahkan, jalankan dan klik tombolnya.