FAQ

Ini cuma penutup dari semua yang saya tulis tentang dasar C++. Tapi, kalian masih perlu belajar banyak algoritma-algoritma khusus dan library eksternal sesuai kebutuhan kalian. C++ juga akan terus memperbaharui standarnya dan terus menambah headernya. 

Kalian sebaiknya juga membaca tentang bahasa C. Header bahasa C umumnya bisa digunakan dalam bahasa C++.

Perubahan standar dan penambahan fitur bahasa pemrograman lebih ditujukan untuk memberi kemudahan dan alternatif cara penulisan program. Pada dasarnya kalian sudah bisa membuat banyak program dengan apa yang sudah kalian pelajari di sini asal kalian mau belajar untuk pakai logika dan beradaptasi dengan teknologi. 

Sebagai penutup, halaman ini saya khususkan untuk catatan FAQ (Frequently asked Question). Kalau ada yang ingin ditanyakan atau ada request tertentu, silakan berkomentar di sini.

  • Bahasa pemrograman apa yang bagus?
    • Jawab : Semua bahasa pemrograman bagus. Gunakan bahasa pemrograman yang digunakan di lingkungan kerja kalian. Ketersediaan library dan OS target juga bisa jadi bahan pertimbangan.
  • Compiler apa yang bisa digunakan di android.
    • Jawab : clang, bisa diinstall dengan termux dengan mengetik"pkg install clang". Kalian juga bisa pakai aplikasi Droidcpp atau Cxxdroid. Kalau lupa install aplikasi, coba googling "compiler online".
  • C++itu bisa untuk apa aja?
    • Selain aplikasi console, C++ bisa untuk membuat aplikasi berbasis GUI maupun console di desktop. C++ bisa digunakan untuk membuat game dengan unreal engine. C++ juga bisa digunakan untuk membuat web via CGI. C++ umumnya untuk buat aplikasi desktop. Tapi, kalian juga bisa buat aplikasi mobile pakai NDK. Beberapa IDE juga menyediakan fitur untuk membuat aplikasi android atau aplikasi mobile yang lain dengan bahasa C++.
  • Apa beda bahasa C dan C++?
    • Jawab : C++ mendukung penggunaan OOP, sebaliknya Bahasa C tidak menggunakan OOP. Bahasa C++ menyediakan hampir semua fitur dan header Bahasa C, sebaliknya C tidak menyediakan beberapa header yang digunakan C++.
  • Bagaimana cara mengubah kode dalam bahasa C menjadi bahasa C++?
    • Jawab : Tukar saja printf dengan cout, dan scanf dengan cin. Selain itu, ubah stdio menjadi iostream. Tanpa diubah, kode yang bisa dicompile dalam bahasa C umumnya bisa juga dicompile dalam bahasa C++. Ada saatnya kode programnya perlu disesuaikan pola penulisannya karena perubahan standar ISO.
There are only two kinds of languages: the ones people complain about and the ones nobody uses. -- Bjarne Stroustrup.