Framework Javascript

JavaScript merupakan salah satu scripting language untuk web. JavaScript awalnya hanya digunakan di sisi client. Tapi, saat ini, javascript juga bisa digunakan di sisi server setelah ada NodeJs. Selain itu, javascript juga bisa digunakan untuk membuat aplikasi mobile dengan react native.

Di sisi client, front end developer bisa menggunakan javascript dengan menggunakan tag script. Selain itu, kalian juga bisa menggunakan library atau framework. Beberapa framework Javascript untuk Frontend misalnya :

Di sisi server, backend developer bisa menjalankan native javascript dengan NodeJs. Hampir semua function javascript yang tidak terkait dengan tampilan bisa digunakan di NodeJs, misalnya fungsi matematis dan string. Kalau kalian menggunakan framework, kalian juga bisa mempersingkat penulisan kode kalian. Beberapa framework Javascript untuk backend bisa kalian lihat di bawah ini.

Gatsby merupakan framework MVC yang menggunakan sintaks reactjs. Berbeda dengan gatsby, Express punya sintaks yang lebih mirip dengan native javascript dengan beberapa function tambahan. Framework Backbone.js & meteor.js punya ciri khasnya masing-masing walaupun tidak sepopuler express dan gatsby untuk saat ini.

Untuk menginstal framework Javascript, kalian harus menginstal NodeJs terlebih dahulu. Untuk membuat project baru kalian akan membutuhkan command prompt atau terminal. Karena itu, kalian akan membutuhkan pengetahuan dasar tentang terminal atau command prompt, minimal perintah untuk mengganti directory (CD).