Apa itu CMS?

CMS adalah kepanjangan dari Content Management System. CMS memungkinkan kita membuat website yang bisa memperbaharui isinya tanpa perlu coding dari awal, bahkan tanpa perlu tahu soal coding. Kita bisa membuat, menghapus, mengubah, mengelola, dan mempublikasikan konten dengan antarmuka yang mempermudah penggunaannya. 

CMS terdiri dari CMA (content Management Application) dan CDA (Content Delivery Application). CMA berisi halaman yang bisa diakses admin untuk mengelola konten, theme, plugin, setting, dll. Sebaliknya, CDA adalah halaman yang ditampilkan kepada pengguna.

Ada banyak CMS yang beredar di internet. Beberapa CMS populer, misalnya :

  1. WordPress,
  2. Joomla,
  3. Drupal,
  4. Magento,
  5. dll
Jika kalian ingin menggunakan CMS, kalian harus tahu server side scripting language yang digunakan. Misalnya, Wordpress yang menggunakan PHP. Kalian bisa mencari hostingan yang menyediakan server yang mendukung bahasa scripting tersebut. 

CMS juga bisa diinstal di komputer kalian sendiri. Untuk menginstal CMS di komputer kalian sendiri, paling tidak kalian akan memerlukan aplikasi server dan database. Tapi, biasanya itu hanya ditujukan untuk belajar saja atau untuk membuat backup dari CMS yang sudah diisi konten di server hosting.